KSPPS Kaffah Trading Shar’i – Akadnya Benar, Manusianya yang Nakal

KSPPS Kaffah Trading Shar’i menyediakan layanan pembiayaan dengan akad murabahah. Skema akad murabahah adalah:

  1. Pembeli membutuhkan barang, misalkan jam tangan seharga Rp 1 juta, tetapi tidak bisa membeli tunai, bisanya dengan mencicil.
  2. KSPPS Kaffah Trading Shar’i membeli barang tersebut kemudian menjual kepada pembeli seharga Rp 1,2 juta dengan skema cicilan setiap bulan.

Prinsipnya, dengan akad murabahah, KSPPS Kaffah Trading Shar’i tidak akan memberikan uang kepada pembeli. Pembeli mendapatkan barang yang dia butuhkan, tetapi karena tidak punya uang tunai yang cukup, dia akan membayarnya dengan mencicil.

Sesuai dengan aturan Allah, diharamkan riba, dihalalkan jual-beli.

Skema murabahah ini sederhana, pembeli dapat barang yang dibutuhkan, KSPPS Kaffah Trading Shar’i mendapatkan keuntungan dari margin harga karena telah membolehkan pembeli membayar dengan mencicil. Proses antara KSPPS Kaffah Trading Shar’i dan Pembeli adalah jual beli.

Namun, seperti yang telah ditulis di tulisan sebelumnya, bahwa ada manusia yang rakus. Dia ingin kebebasan dalam menggunakan uang, tidak mau transparan apa kebutuhannya.

Membeli Barang yang Dijual Sendiri

Ada sebuah kasus dimana ada nasabah KSPPS Kaffah Trading Shar’i yang kemudian mengakali sistem murabahah yang sederhana ini. Oknum tersebut menjual barang di sebuah marketplace kemudian diajukan pembelian cicilan di KSPPS Kaffah Trading Shar’i. KSPPS Kaffah Trading Shar’i kemudian membeli barang tersebut kemudian dia mencicil di KSPPS Kaffah Trading Shar’i.

Oknum tersebut mendapatkan uang cash dari KSPPS Kaffah Trading Shar’i akibat dari transaksi KSPPS Kaffah Trading Shar’i yang membeli barang dari penjual. Kemudian dia mencicil ke KSPPS Kaffah Trading Shar’i, untuk produk yang dijual dan dibeli sendiri, dan mungkin juga produknya itu fiktif.

KSPPS Kaffah Trading Shar’i secara skema dan akad sudah benar. Namun ada orang yang mengakali sistem itu agar mendapatkan uang cash, untuk kemudian digunakan sesuai dengan keinginan dia.

Kenapa KSPPS Kaffah Trading Shar’i tidak meminjamkan uang? Karena jika meminjamkan uang, KSPPS Kaffah Trading Shar’i tidak boleh mengambil keuntungan. Keuntungan hanya bisa diperoleh melalui transaksi jual-beli, bukan transaksi ribawi.

Baca Juga  Bank syariah di Indonesia sudah mampu mengelola manajemen risiko dengan baik
error: Content is protected !!